Maaf, javascript Harus Enable :D BURUAN DAFTAR! Ini Dia 3 Jenis BLT yang Berakhir Bulan ini, Jangan Sampai Hangus

-->

BURUAN DAFTAR! Ini Dia 3 Jenis BLT yang Berakhir Bulan ini, Jangan Sampai Hangus

Jumat, 04 Desember 2020

 BURUAN DAFTAR! Ini Dia 3 Jenis BLT yang Berakhir Bulan ini, Jangan Sampai Hangus

LIPUTAN9.ORG -  BURUAN DAFTAR! Ini Dia 3 Jenis BLT yang Berakhir Bulan ini, Jangan Sampai Hangus. Pemerintah akan menghentikan 3 jenis bantuan ini pada bulan Desember 2020 ini. Artinya, 3 BLT dan bantuan pemerintah ini tidak akan berlanjut pada 2021 nanti.


Ketiga bantuan ini merupakan bantuan reguler yang diberikan pemerintah. Sementara bantuan yang bersifat nonreguler seperti berbagai BLT untuk warga yang terdampak pandemi, masih akan berlanjut hingga tahun depan.




Berikut ini adalah daftar bantuan pemerintah yang tidak akan dilanjutkan hingga tahun 2021 dan dihentikan pada bulan Desember 2020.


BLT Dana Desa

Pemerintah menyediakan bantuan langsung tunai dari dana desa untuk menangani dampak dari pandemi Covid-19.


Sebagaimana telah terdapat Peraturan Menteri Desa tahun 2020 sebagai acuan untuk pemberian BLT Dana Desa. Bantuan langsung tunai Dana Desa adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di Desa yang bersumber dari dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.


Adapun nilai BLT Dana Desa adalah sebesar Rp600 ribu setiap bulan untuk keluarga miskin yang memenuhi kriteria dan diberikan selama 3 bulan dan Rp300 ribu setiap bulan untuk 3 bulan berikutnya.




Bantuan Rp1 Juta

Pemeritnah melalui Menteri keuangan Sri Mulyani telah memberikan bantuan sebesar Rp1 juta kepada 20 ribu seniman dan pelaku budaya.


Kementerian keuangan sudah mengalokasikan dana sebesar Rp26,5 miliar dari APBN untuk membantu seniman dan pelaku budaya yang terdampak pandemi Covid-19.


Bantuan ini diberikan dalam bentuk honorarium atau jasa profesi atas keterlibatan karya budaya selama masa pandemi Covid-19.




Bantuan Pangan/Sembako

Pemerintah akan fokus pada program vaksinasi Covid-19 secara bertahap yang diketahui membutuhkan anggaran yang cukup banyak.Sehingga pada tahun 2021 nanti tidak ada lagi perpanjangan untuk bantuan pangan/sembako. Meski demikian, bantuan langsung tunai masih diperpanjang hingga tahun 2021 mendatang.


Bantuan pemerintah yang diperpanjang hingga tahun 2021 yakni bantuan yang sifatnya non reguler. Bantuan tersebut bisa jadi diperpanjang lagi jika kemungkinan wabah penyakit Covid-19 masih belum berhenti.Misalnya, jika Anda sudah mendapatkan program Kartu Prakerja di tahun 2020 maka di tahun 2021 Anda sudah dapat dipastikan tidak akan mendapatkannya.




Artinya, pemerintah memberikan kesempatan besar bagi Anda yang belum pernah merasakan sama sekali mendapatkan salah satu bantuan sosial yang sudah diberikan pemerintah pada tahun 2020.Oleh karena itu, bagi Anda yang belum pernah mendapatkan bantuan pemerintah akibat pandemi Covid-19 segera lakukan pendaftaran terkait bantuan yang masih membuka.

Artikel ini terbit di LIPUTAN9.ORG dengan judul  BURUAN DAFTAR! Ini Dia 3 Jenis BLT yang Berakhir Bulan ini, Jangan Sampai Hangus