Maaf, javascript Harus Enable :D Alhamdulillah TANPA POTONGAN, BSU SUBSIDI GAJI 1,8 JUTA KEMENAG CAIR AWAL DESEMBER, CEK REKENING SEKARANG BUNDA, BISA CEK LANGSUNG LEWAT HP ya..

-->

Alhamdulillah TANPA POTONGAN, BSU SUBSIDI GAJI 1,8 JUTA KEMENAG CAIR AWAL DESEMBER, CEK REKENING SEKARANG BUNDA, BISA CEK LANGSUNG LEWAT HP ya..

Selasa, 01 Desember 2020

 Alhamdulillah, TANPA ADA POTONGAN, BSU SUBSIDI GAJI 1,8 JUTA KEMENAG CAIR AWAL DESEMBER, CEK REKENING SEKARANG BUNDA, BISA CEK LANGSUNG LEWAT HP ya..

LIPUTAN9.ORG - Alhamdulillah, TANPA ADA POTONGAN, BSU SUBSIDI GAJI 1,8 JUTA KEMENAG CAIR AWAL DESEMBER, CEK REKENING SEKARANG BUNDA, BISA CEK LANGSUNG LEWAT HP ya..


Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan, Bantuan Subsidi Upah (BSU) guru dan tenaga pendidik (GTK) akan mulai dicairkan pada awal Desember 2020. BSU akan diberikan dalam bentuk bantuan dana yang ditransfer langsung ke rekening penerima. 




BSU Kemenag untuk GTK guru honorer ini akan diberikan sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan. Artinya, setiap guru akan mendapat BSU sebesar Rp1,8 juta, menurut Kemenag melalui akun Twitter @Kemenag_RI pada Selasa (1/12/2020). 

BSU diberikan kepada: 




1. Sebanyak 543.928 guru RA/Madrasah Non-PNS dengan anggaran Rp979.070.400.000. 


2. Sebanyak 93.480 guru Pendidikan Agama Islam Non-PNS di sekolah umum dengan anggaran Rp168.264.000.000. 


Menurut catatan Kemenag, ada 637.408 GTK non-PNS Pendidikan Agama Islam (PAI) baik di madrasah maupun PAI pada sekolah umum, yang menerima BSU dengan total anggaran Rp1.147.334.400.000. 


"BSU diharapkan cair pada awal Desember 2020," tulis Kemenag. 


Mekanisme pencairan langsung ditransfer ke rekening penerima dan tidak ada potongan. Ini merupakan salah satu bantuan sosial pemerintah, sehingga tidak ada pajak penghasilan. 


Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) yang berhak mendapat Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) bisa mengecek status penerimaan di laman https://www.siagapendis.com/ dan https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah/home. 


Direktur GTK Madrasah M Zain mengatakan, syarat utama penerima BSU GTK Kemenag adalah terdaftar di Simpatika untuk GTK non-PNS madrasah dan terdaftar laman SIAGA bagi guru pendidikan agama Islam di sekolah umum. 


M Zain mengatakan, BSG ini merupakan wujud kehadiran negara untuk membantu para guru, khususnya tenaga honorer, di tengah pandemi Covid-19. 


“Tidak ada potongan apa pun. BSG ini langsung ditransfer ke rekening penerima," tegas M Zain di Jakarta, Senin (23/11). 


Menurut M Zain, setelah mendapat persetujuan dari Dirjen Anggaran Kemenkeu, saat ini tengah disiapkan Surat Keputusan terkait penetapan calon penerima bantuan. Tahapan selanjutnya adalah proses pencairan. 


“Untuk guru honorer calon penerima BSG yang kebetulan belum memiliki rekening aktif, akan dibantu dengan skema pembukaan rekening kolektif langsung dari Bank Penyalur," tandasnya. 


BSU Kemenag ini telah diserahan secara simbolis oleh Menteri Agama Fachrul Razi kepada lima orang perwakilan, masing-masing sebesar 1,8 juta rupiah. Penyerahan ini dilakukan usai pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2020, di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta, Rabu (25/11/2020). 


Menag menyampaikan, di masa pandemi ini guru memiliki peran besar untuk menjaga keberlangsungan bangsa. Ia pun mengapresiasi para guru yang telah berdedikasi tanpa henti selama pandemi Covid-19. 


“Meskipun kondisi masyarakat sedang menghadapi pandemi covid-19, akan tetapi guru tetap menunjukkan baktinya kepada peserta didik, dan masyarakat dan negara," kata Menag, dilansir laman kemenag.go.id.


Adapun kriteria utama yang berhak menjadi penerima bantuan BSU BLT Guru Madrasah tersebut adalah para GTK Non PNS madrasah yang terdaftar di Simpatika. Serta beberapa guru PAI pada sekolah umum dan calon penerima yang sudah terdaftar di SIAGA.



BSU BLT Kemenag Cair


Sedangkan bagi Anda yang telah terdaftar sebagai peserta BSU BLT Guru Madrasah,  bisa mengecek nama penerima melalui link resminya.



Dilansir dari situs Kemenag, berikut liputan9.org merangkum cara mudah mengecek nama penerima lewat HP pada laman resmi yang telah tersedia.

1. Bagi guru honorer madrasah Anda bisa buka situs pencarian di HP Anda dan kemudian login ke link simpatika.kemenag.go.id/madrasah/home.


2. Serta untuk guru agama yang bekerja disekolah umum bisa mengecek melalui link siagapendis.com/login.


3. Selanjutnya, setelah masuk ke akses web Simpatika dan Siaga.


Anda hanya perlu melakukan login dengan memasukkan NAMA/NUPTK/PegID dan kota tempat Anda mengajar.



4. Kemudian klik pencarian. Apabila nama yang Anda masukkan tidak muncul.


Maka dapat dikatakan Anda tidak termasuk sebagai penerima BSU BLT Guru Madrasah. Bagi peserta yang lolos, Anda akan diarahkan untuk ke tahap penyaluran dana ke rekening.


Artikel ini terbit di LIPUTAN9.ORG dengan judul Alhamdulillah, TANPA ADA POTONGAN, BSU SUBSIDI GAJI 1,8 JUTA KEMENAG CAIR AWAL DESEMBER, CEK REKENING SEKARANG BUNDA, BISA CEK LANGSUNG LEWAT HP ya..