Maaf, javascript Harus Enable :D Wajib Tau ! BSU Kemenag Langsung Cair ke Rekening Masing-masing, Lengkapi Berkas Penerima Di Sini

-->

Wajib Tau ! BSU Kemenag Langsung Cair ke Rekening Masing-masing, Lengkapi Berkas Penerima Di Sini

Minggu, 29 November 2020

 

Wajib Tau ! BSU Kemenag Langsung Cair ke Rekening Masing-masing, Lengkapi Berkas Penerima Di Sini
LIPUTAN9.ORG - Wajib Tau ! BSU Kemenag Langsung Cair ke Rekening Masing-masing, Guru Harus Nama Penerima Di Sini. Di Hari Guru Nasional 2020, Pemerintah Republik Indonesia lewat Kementerian Agama telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan Bantuan Subsidi Upah/Gaji.


Bantuan tersebut ditujukan untuk 543.928 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Non-PNS, yang bekerja disatuan pendidika dibawah naungan Kemenag RI.


Kemenag telah menyiapkan anggaran bantuan yang setiap orang akan mendapatkan bantuan sebasar Rp600 per bulan, dan akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut. Selain itu, ada sekitar 93.480 guru Pendidikan Agama Islam Non PNS di Sekolah Umum yang juga akan menerima bantuan.



Direktur GTK Madrasah M Zain mengatakan, BSG ini merupakan wujud kehadiran negara untuk membantu para guru, khususnya tenaga honorer, di tengah pandemi Covid-19.“Tidak ada potongan apa pun. BSG ini langsung ditransfer ke rekening penerima,” tegas M Zain di Jakarta.


Menurut M Zain, setelah mendapat persetujuan dari Dirjen Anggaran Kemenkeu, saat ini tengah disiapkan Surat Keputusan terkait penetapan calon penerima bantuan. Tahapan selanjutnya adalah proses pencairan. “Terkait proses pencairan, kami masih menunggu proses revisi DIPA Ditjen Pendis. Semoga waktunya tidak lama lagi,” tutur M Zain.


Dijelaskan M Zain, persyaratan utama penerima bantuan adalah para GTK Non PNS madrasah yang terdaftar di Simpatika. Adapaun untuk guru PAI pada sekolah umum, calon penerima adalah mereka yang sudah terdaftar di SIAGA.



“Untuk guru honorer calon penerima BSG yang kebetulan belum memiliki rekening aktif, akan dibantu dengan skema pembukaan rekening kolektif langsung dari Bank Penyalur,” tandasnya. Zain berharap BSG Kemenag ini bisa dicairkan pada akhir November, atau awal Desember 2020. Dan yang terpenting memberikan kebermanfaatan bagi guru-guru madrasah tersebut.


Ia juga mengimbau agar para guru dapat langsung login dilaman resmi yang telah disediakan pemerintah.


Berikut laman resmi yang disediakan:


simpatika.kemenag.go.id/madrasah/home untuk guru honorer madrasah; dan

siagapendis.com/login untuk guru agama yang bekerja disekolah umum.


Tujuan dikeluarkannya kebijakan tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan BSU Kemenag sebagai hadiah bagi guru-guru non-PNS yang terus berupaya mengabdi untuk pendidikan.


Besaran total bantuan tersebut sama dengan bantuan BSU kemendikbud, masing-masing sebesar 1,8 juta rupiah. Menag menyampaikan, di masa pandemi ini guru memiliki peran besar untuk menjaga keberlangsungan pendidikan masadepan bangsa.Fachrul juga mengapresiasi untuk para guru yang telah berdedikasi tanpa henti selama pandemi Covid-19.



“Meskipun kondisi masyarakat sedang menghadapi pandemi covid-19, akan tetapi guru tetap menunjukkan baktinya kepada peserta didik, dan masyarakat dan negara,” kata Menag tersebut.Langkah ini menjadi bagian ikhtiar bersama untuk terus melaksanakana amanah mencerdaskan bangsa, sebagaimana diamanahkan dalam UUD NRI 1945.


Mendag mengakui bahwa situasi saat ini sedang ada dimasa sulit untuk menjalankan tugas mulia mendidik para penerus bangsa.Dedikasi dan semangat guru untuk senantiasan menjaga keberlangsungan NKRI, menurut Menag, perlu terus dilakukan tanpa henti.


“Hal ini sesuai dengan tema yang ditetapkan dalam Bakti Guru, Lindungi Negeri,” ujar Fachrul. Menag mengungkapkan, setiap peringatan HGN, kita diingatkan kembali betapa penting dan terhormatnya tugas guru dari masa ke masa. 



Menurutnya sejak awal berdirinya bangsa Indonesia, guru telah memiliki peran besar dalam menjaga kebhinekaan yang ada di Indonesia.Dalam sambutannya, Menag menyampaikan pesan agar guru dapat terus meningkatkan kualitas diri secara berkelanjutan, utamanya dalam penguasaaan dunia digital.


“Dunia digital dengan media sosialnya telah menjadi candu bagi masyarakat kita, sehingga para guru dituntut untuk dapat memberikan bekal bagi peserta didik, untuk membentengi diri dari ekses-ekses negatif dunia digital tersebut,” pesan Menag.

Artikel ini terbit di LIPUTAN9.ORG dengan judul Wajib Tau ! BSU Kemenag Langsung Cair ke Rekening Masing-masing, Guru Harus Nama Penerima Di Sini