Maaf, javascript Harus Enable :D Jalur Karpet Merah Khusus Untuk Guru Honorer Kategori Berikut Ini, Alhamdulillah, 2022 Auto Jadi ASN

-->

Jalur Karpet Merah Khusus Untuk Guru Honorer Kategori Berikut Ini, Alhamdulillah, 2022 Auto Jadi ASN

Selasa, 21 Juni 2022

Jalur Karpet Merah Khusus Untuk Guru Honorer Kategori Berikut Ini, Alhamdulillah, 2022 Auto Jadi ASN

LIPUTAN9.ORGGuru honorer mendapat mendapatkan prioritas pada penerimaan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) 2022.


Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Sistem Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDM) Karawang, Taopik Maulana mengatakan pada peneriman PPPK  guru formasi tahun 2022 ada dua kategori.


Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah tahun 2022.


"Dua kategori tersebut yakni pelamar prioritas dan pelamar umum," kata Tapoik, pada Senin (20/6/2022).


Kategori pelamar prioritas, kata Taopik, dibagi tiga. Pertama prioritas 1 terdiri atas tenaga honorer kategori (THK) II, guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru tahun 2021.


Lalu, pelamar prioritas 2 yakni THK II dan pelamar prioritas 3 merupakan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa kerja paling rendah tiga tahun.


"Jadi ini diberikan khusus buat guru honorer untuk dapat diterima jadi PPPK tanpa tes," jelas dia.


Dikatakannya, adapun pelamar kategori umum terdiri atas lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan pelamar yang terdaftar di Dapodik.


"Kami pemda karawang mengusulkan 1.800 formasi. Pastinya belum tahu disetejuinya berapa, termasuk rinciannya," terang dia.


Dia berharap adanya keputusan ini dapat membuat para guru honorer dapat terakomodasi untuk dapat menjadi PPPK.


"Jadi tidak memberatkan, khususnya guru honorer yang lama-lama ini mendapat prioritas, dapat karpet merah," ucapnya. 


Masyarakat yang hendak mengikuti seleksi penerimaan PPPK guru untuk terus menyimak informasi dari sumber-sumber resmi.


Salah satunya melalui portal BKPSDM Karawang pada bkpsdm.karawangkab.go.id.