Maaf, javascript Harus Enable :D HORE ! Gaji Guru Honorer Dipastikan Bakal Naik Tahun Depan, Simak Selengkapnya !

-->

HORE ! Gaji Guru Honorer Dipastikan Bakal Naik Tahun Depan, Simak Selengkapnya !

Jumat, 30 April 2021

HORE ! Gaji Guru Honorer Dipastikan Bakal Naik Tahun Depan, Simak Selengkapnya !

LIPUTAN9.ORG - Gaji yang diterima guru kontrak daerah maupun guru honorer sekolah tahun ini masih berkisar Rp 2,2 juta per bulan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser akan mengusulkan kenaikan Rp 500 ribu pada APBD 2022.


“Jadi, totalnya Rp 2,7 juta. Meski ini masih di bawah UMK (upah minimum kabupaten) Paser sebesar Rp 3.050.000,” kata Kepala Disdikbud Paser Murhariyanto saat rapat bersama para guru honorer di DPRD Paser beberapa hari lalu.


Murhariyanto mengatakan, jika ada kesempatan menjadi guru pengganti, gajinya berbeda dengan guru kontrak atau guru honorer sekolah. Nilainya lebih rendah karena guru pengganti tidak terdaftar di dapodik.


Mengenai guru dan tenaga kependidikan honorer non-kategori usia 35 tahun (GTHNK 35+), total yang ada di Paser sejumlah 788 orang. Ini berdasarkan hasil verifikasi terakhir Desember 2020. Permintaan mereka agar segera diangkat menjadi PNS atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), ada 150 guru PNS pensiun tahun ini.


Rencananya alokasi kekosongan tersebut anggarannya diarahkan untuk jalur P3K kepada GTHNK+. Karena untuk opsi jadi PNS, syaratnya maksimal usia 35 tahun, kecuali ada kebijakan khusus dari presiden.


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Paser Suwito mengatakan, Paser masih kekurangan 1.471 guru PNS. Adapun guru Pendidikan Agama Islam (PAI) ada 235, itu melalui jalur Kementerian Agama penerimaannya.


Harusnya kekurangan itu tuntas pada 2021 ini, tapi tertunda karena pandemi Covid-19. “Untuk 2021 ini rencananya di Paser dibuka 149 formasi P3K dan 150 formasi PNS. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa mulai penerimaan,” kata Suwito.




Artikel ini tayang di liputan9.org yang dikutip dari https://kaltim.prokal.co dengan judul HORE ! Gaji Guru Honorer Dipastikan Bakal Naik Tahun Depan, Simak Selengkapnya !