Maaf, javascript Harus Enable :D Siap-Siap Cek Rekening ! Tunjangan Profesi Guru Honorer Mulai Masuk Januari Di Bayar 2 Triwulan Sekaligus, Alhamdulilah

-->

Siap-Siap Cek Rekening ! Tunjangan Profesi Guru Honorer Mulai Masuk Januari Di Bayar 2 Triwulan Sekaligus, Alhamdulilah

Selasa, 05 Januari 2021

 

Siap-Siap Cek Rekening  ! Tunjangan Profesi Guru Honorer  Mulai Masuk Januari  Di Bayar 2 Triwulan Sekaligus, Alhamdulilah

LIPUTAN9.ORGRatusan orang guru yang berstatus tenaga honorer yang tersebar di 13 wilayah telah memperoleh tunjangan profesi guru senilai Rp 1,5 juta per orang. Tunjangan yang bersumber dari APBN ini, untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer.


Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dudung Nurullah Koswara mengungkapkan, sejak 2015 pihaknya sudah memprotes adanya diskriminasi terhadap guru honorer di sekolah negeri. 


Setiap guru honorer di sekolah negeri saat itu tidak bisa mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG). Karena itu, tidak heran banyak guru honorer di negeri  yang  memiliki sertifikat pendidik pindah ke sekolah swasta.



 "Ini manusiawi sebagai bentuk ikhtiar memperoleh kesejahteraan yang lebih baik," kata Dudung kepada JPNN.com, Senin .Namun, sejak pekan lalu ratusan guru honorer di sekolah negeri yang  bersertifkat pendidik mulai tersenyum manis.



 Mereka sudah bisa mendapatkan TPG yang selama ini mereka tunggu-tunggu. Ini sebuah anugerah dari pemeriintah bagi para guru honorer. Dalam WAG para guru honorer negeri bersertifikat pendidik banyak mengucap syukur dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jabar, DPRD Provinsi, Kadisdik, FAGI dan PGRI. 


Sekjen Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri Jawa Barat, Rizki Safari Rakhmat, menyatakan, total ada 1.169 guru dengan merujuk Surat Keputusan Tunjangan Profesi No 1255. Sekitar 1.000 guru kini masih menanti tunjangan tersebut masuk ke rekening yang terhitung mulai Jumat, untuk pembayaran dari Januari hingga Juni.



“Sudah cair untuk guru honorer SMA, SMK, dan SLB negeri. Namun belum semuanya, baru ratusan orang yang sudah cair,” ujar Rizki saat dikonfirmasi Tribun via ponselnya, Minggu .



Menurutnya, belum semua tunjangan cair karena beberapa hal. Antara lain bank penerima berbeda, nomor rekening belum dibuatkan, hingga nama guru tak termasuk pada surat tersebut.



“Baru tahun ini terealisasi. Sebelumnya kami tak berharap lebih mendapatkan karena ada persyaratan yang sulit. Yaitu harus memiliki surat keputusan penugasan dari bupati, wali kota, hingga gubernur bagi guru non PNS mengajar di sekolah negeri,” kata Rizki.



Dia bilang, para guru honorer tak menyangka bakal mendapatkan tunjangan profesi sekaligus hingga Rp. 8.460.000 juta. “Setelah dipotong pajak negara, ternyata langsung mendapatkan untuk pembayaran dua triwulan sekaligus,” ujarnya.



Perjuangan panjang itu, kata Rizki, berkat dukungan berbagai pihak. “Tunjangan yang kami terima sangat bermanfaat dalam masa pandemi Covid-19. Sungguh anugerah yang luar biasa. Kami senantiasa bersyukur semua pihak yang terlibat,” katanya.










Mewakili para guru honorer, Rizki berjanji bakal menjaga komitmen untuk terus meningkatkan profesionalitas ketika melaksanakan tugas sebagai guru.

Artikel ini tayang di liputan9.org yang di kutip dari jabar.tribunnews.com dengan judul Siap-Siap Cek Rekening  ! Tunjangan Profesi Guru Honorer  Mulai Masuk Januari  Di Bayar 2 Triwulan Sekaligus, Alhamdulilah