Maaf, javascript Harus Enable :D Info Terupdate ! Penerima BLT Guru Honorer Akan Punya Rekening Baru di Bank Ini, Buruan Aktifkan Di Sini Sebelum Terkena Sanksi

-->

Info Terupdate ! Penerima BLT Guru Honorer Akan Punya Rekening Baru di Bank Ini, Buruan Aktifkan Di Sini Sebelum Terkena Sanksi

Kamis, 19 November 2020

 Info Terupdate ! Penerima BLT Guru Honorer Akan Punya Rekening Baru di Bank Ini, Buruan Aktifkan Di Sini Sebelum Terkena Sanksi - liputan9

LIPUTAN9.ORG - Alhamdulillah, subsidi gaji akan cair, tapi harus ingat Info Terupdate ! Penerima BLT Guru Honorer Akan Punya Rekening Baru di Bank Ini, Buruan Aktifkan di Sini Sebelum Terkena Sanksi


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau yang bisa disebut BLT Guru Honorer kepada 2.034.732 tenaga honorer dengan anggaran sebesar Rp3,6 triliun.


Sasaran tenaga honorer yang akan menerima BLT tersebut di antaranya dosen, guru, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaran, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.


Penerima BLT ini sebagian besar adalah guru honorer dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta yakni sebanyak 1,6 juta penerima.


Selanjutnya, tenaga perpustakaan, laboratorium, dan administrasi diberikan kuota sekira 237.000 orang. Terakhir, dosen di PTN dan PTS mendapatan kuota sekitar 160.000 orang.


Hal ini telah ditetapkan oleh Nadiem Anwar Makariem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dia berharap bantuan ini bisa membantu para tenaga pendidik non-PNS di lingkungan Kemendikbud.


“Kabar gembira bahwa kita berencana untuk memberikan BSU ini bagi sekitar 2 juta orang dan dalam jumlah sebesar Rp1,8 juta yang diberikan sekaligus satu kali,” ujar Nadiem, dikutip Fix Indonesia dari YouTube Kemdikbud RI, Selasa, 17 November 2020.


Selain itu, program ini merupakan wujud kehadiran negara untuk membantu para ujung tombak pendidikan agar meringankan mereka yang terdampak pandemi Covid-19.


Sebagaimana dilansir Fix Indonesia dalam artikel Portal Jember berjudul "Penerima BSU Guru Honorer Rp1,8 Juta dapat Nomor Rekening Baru dari Kemendikbud, Cek di Sini!", sebelum menerima pencairan dana, para penerima BSU guru honorer akan dibuatkan rekening baru oleh Kemendikbud. Perlu diingat, rekening penerima BSU guru honorer harus diaktivasi saat mencairkan dana.


Bank penyalur untuk mencairkan BLT Guru Honorer yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.


Rekening ini nantinya harus diaktivasi saat mencairkan dana bantuan apabila penerima tak kunjung mengaktifkan rekening hingga tanggal yang telah ditentukan, maka Kemendikbud akan memberikan sanksi.


Penting untuk dicatat bahwa Kemendikbud memberikan waktu bagi penerima BLT Guru Honorer untuk mengaktifkan dan mencairkan bantuan hingga tanggal 30 Juni 2021.


Sanksi yang diberikan adalah penutupan rekening bantuan yang tidak aktif dan dana akan dikembalikan ke kas negara.


Bagi penerima bantuan yang ingin mengetahui rekening bank masing-masing dan lokasi cabang bank penyalur untuk pencairan BSU guru honorer, bisa dengan mengakses situs Info GTK https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau Pangkalan Data Dikti https://pddikti.kemdikbud.go.id/.


Selanjutnya, pendidik dan tenaga kependidikan jenjang usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah bisa memeriksanya di situs Info GTK. Kemudian, bagi pendidik dan tenaga kependidikan di pendidikan tinggi bisa memeriksanya di Pangkalan Data Dikti.


Demikian infromasi mengenai Info Terupdate ! Penerima BLT Guru Honorer Akan Punya Rekening Baru di Bank Ini, Buruan Aktifkan di Sini Sebelum Terkena Sanksi, semoga bermanfaat ya