Maaf, javascript Harus Enable :D SEGERA CEK !! INI DAFTAR 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

-->

SEGERA CEK !! INI DAFTAR 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Jumat, 02 Desember 2022

SEGERA CEK !! INI DAFTAR 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

LIPUTAN9.ORG - Kabar mengenai pembukaan pendaftaran CPNS 2023 semakin sering beredar dan memicu pertanyaan untuk formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan. Formasi ini cukup populer di kalangan masyarakat karena bersifat umum dan memberikan peluang untuk semua lulusan S1 tanpa mempertimbangkan jurusan atau bidang studinya.


Minat dan antusiasme masyarakat Indonesia pada pembukaan seleksi CPNS selalu tinggi, sejak dibuka pertama pada tahun 2014 lalu. Sejak itu pula, jabatan atau formasi untuk setiap jurusan diberikan. Setidaknya terdapat alokasi sekitar 5 persen dari total yang dibuka bisa dicoba oleh lulusan semua jurusan.


Jabatan Bidang Birokrasi


Karena sifatnya umum, jabatan yang menerima semua jurusan ini umumnya dibuka untuk posisi di bidang birokrasi. Asumsinya bidang ini dapat dilakukan oleh lulusan S1 secara umum, dengan sedikit adaptasi dan penyesuaian dengan lembaga yang dimasukinya.


Jabatan yang dimaksud jelas bukan seperti dokter, atau hakim, atau jaksa, yang secara spesifik memiliki bidang keilmuan yang jelas dan harus dipelajari di tingkat perkuliahan guna memiliki dasar melakukan pekerjaan yang diberikan.


Jabatan pelayanan publik adalah jabatan yang tidak memerlukan jurusan secara spesifik dari pelamar, sebab memang tidak ada jurusan yang khusus belajar mengenai bidang ini. Jadi jabatan atau formasi ini dapat dibuka untuk lulusan S1 secara umum apapun jurusannya.


Lalu Apa Formasi yang Terbuka untuk Semua Jurusan Lulusan S1 Ini?


Setidaknya secara umum terdapat 11 formasi yang sering dibuka dan bisa dilamar oleh lulusan S1 semua jurusan. Formasi-formasi ini ada di lembaga pemerintahan dan kementerian, dan diminati cukup banyak orang.


Kesebelas formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan antara lain adalah:


Analis Kebijakan

Auditor

Penggerak Swadaya Masyarakat

Peneliti

Penyuluh Sosial

Pemeriksa

Perekayasa

Pekerja Sosial

Widyaiswara

Pengawas Penyeleggara Urusan Pemerintahan Daerah

Perencana

Kesebelas formasi ini paling sering dibuka dan biasanya dapat menjadi kesempatan untuk lulusan S1 semua jurusan karena sifatnya yang umum. Tentu, persaingan untuk mendapatkan formasi ini akan cukup ketat, mengingat lulusan S1 yang jumlahnya juga tidak sedikit.


Namun demikian pada pembukaan kesempatan tahun 2023 ini, formasi-formasi tersebut belum dapat dipastikan seluruhnya dibuka. Maka dari itu Anda harus terus memantau situs resmi dan akun media sosial lembaga terkait, untuk mendapatkan informasi terkini mengenai formasi yang dibuka untuk lulusan S1 secara umum.


Mengenai jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2023, hingga saat ini pembahasan masih terus dilakukan. Perumusan metode seleksi, waktu yang tepat, dan formasi yang dibutuhkan masing-masing lembaga, terus dimatangkan agar memperoleh rumusan terbaik.


Itu tadi sedikit informasi mengenai formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan yang bisa diberikan, semoga berguna!