Maaf, javascript Harus Enable :D ALHAMDULILLAH, Kabar Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cair Pekan Ini

-->

ALHAMDULILLAH, Kabar Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cair Pekan Ini

Rabu, 04 Agustus 2021

 

ALHAMDULILLAH, Kabar Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cair Pekan Ini

LIPUTAN9.ORG - Pemerintah memastikan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat penyaluran bantuan subsidi gaji Rp 1 juta kepada para pekerja yang bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).


"Kami usahakan [pencairan subsidi gaji pekan ini]," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Rabu (4/8/2021).


Anwar mengemukakan, saat ini otoritas ketenagakerjaan masih merampungkan administrasi keuangan bersama Kementerian Keuangan sebelum proses pencairan dilakukan.


"Kita selesaikan administrasi keuangan dengan Kementerian Keuangan, agar lengkap semua," jelasnya.


Dasar hukum penyaluran bantuan subsidi gaji telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 16/2021 tentang Perubahan Atas Permenaker 14/2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.


"Bahwa untuk tetap menjaga kemampuan ekonomi selama masa pandemi corona virus disease 2019, perlu kelanjutan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah," tulis pertimbangan aturan tersebut,


Dalam aturan tersebut juga diatur mengenai syarat pekerja atau buruh yang mendapatkan bantuan subsidi gaji. Berikut syarat penerima bantuan subsidi gaji :


- Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan (NIK)


- Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021


- Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan


- Bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah.


- Diutamakan yang bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.


Selain syarat-syarat di atas, penerima bantuan subsidi gaji diprioritaskan juga bagi pekerja atau buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau program bantuan produktif usaha mikro.


Artikel ini tayang di LIPUTAN9.ORG dengan judul ALHAMDULILLAH, Kabar Terbaru Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cair Pekan Ini