Maaf, javascript Harus Enable :D Sabar, Perekrutan Ribuan Calon Guru Honorer dalam Seleksi PPPK Terancam Dibatalkan

-->

Sabar, Perekrutan Ribuan Calon Guru Honorer dalam Seleksi PPPK Terancam Dibatalkan

Sabtu, 05 Juni 2021

Sabar, Perekrutan Ribuan Calon Guru Honorer dalam Seleksi PPPK Terancam Dibatalkan

LIPUTAN9.ORG - Perekrutan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru di Kabupaten Temanggung, Jawa tengah, terancam batal. Hal ini terjadi setelah ada perubahan keputusan dari pemerintah pusat terkait sistem penggajian. Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Jumat (4/6) mengatakan pada awal pengajuan formasi untuk PPPK sebanyak 2.084 formasi didasarkan pada informasi pemerintah pusat bahwa gaji PPPK akan dibayar oleh pemerintah pusat. 


Namun, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kementerian Keuangan, Kementerian PAN RB, dan Kementerian Pendidikan, rupanya pemerintah pusat meminta agar gaji untuk PPPK dibayarkan oleh pemerintah daerah. 


"Kalau harus dibayar oleh pemerintah daerah, maka Kabupaten Temanggung kemampuan keuangannya tidak mencukupi untuk merekrut 2.084 orang tersebut, maka Kabupaten Temanggung belum mengambil keputusan, apakah 2.084 formasi akan dilakukan perekrutan semua atau hanya sebagian, bahkan tidak direkrut sama sekali," katanya. 


Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Temanggung telah mengajukan formasi pada seleksi CPNS tahun ini dan sudah disetujui oleh Kementerian PAN RB sejumlah 3.029 formasi. Ini terdiri dari 945 formasi untuk CPNS dan 2.084 formasi untuk P3K khusus guru. 


Berdasarkan surat edaran dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tahapan dan proses seleksi juga diundur untuk jangka waktu yang belum ditentukan karena masih terdapat beberapa aturan pengadaan CPNS terkait P3K khusus guru yang belum ditetapkan pemerintah serta masih adanya revisi usulan penetapan kebutuhan oleh beberapa instansi. 


Dia berharap 2.084 P3K nanti bisa dibayar dan digaji oleh pemerintah pusat. Menurut dia untuk membayar gaji PPPK sebanyak 2.084 orang dalam setahun membutuhkan dana sekitar Rp116 miliar. Setelah dihitung-hitung kemampuan Kabupaten Temanggung maksimal hanya untuk 250 PPPK dengan membutuhkan dana sekitar Rp12 miliar. 


"Kondisi keuangan Kabupaten Temanggng di tengah pandemi saat ini, kalau setiap tahun mangalokasikan Rp116 miliar ini pasti akan mengganggu proses pembangunan yang lain," katanya Menurut dia, perekrutan guru penting dilakukan karena Kabupaten Temanggung masih kekurangan tenaga pengajar. 


Kalau tahun ini tidak merekrut guru, apalagi yang memasuki pensiun semakin bertambah, maka Kabupaten Temanggung akan semakin kekurangan guru. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap mempersiapkan dokumen pendukung perekrutan pegawai, mana kala suatu saat pengumuman pembukaan pendaftaran masyarakat sudah siap. 

 


Artikel ini tayang di LIPUTAN9.ORG dikutip dari pikiran-rakyat.com dengan judul   Sabar, Perekrutan Ribuan Calon Guru Honorer dalam Seleksi PPPK Terancam Dibatalkan